Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan lain yang termasuk dalam daftar adalah 4Paradigm Technology Co., unicorn AI yang sedang naik daun yang didukung beberapa investor terbesar dunia termasuk Sequoia Capital, Goldman Sachs Group Inc. dan Mubadala Investment Co.

AS juga menambahkan agensi China ke dalam daftar, di antaranya The National Research Center for Parallel Computer Engineering and Technology dan The Wuxi Institute of Advanced Technology.

Perusahaan AS dilarang mengekspor ke entitas yang terdaftar tersebut tanpa persetujuan pemerintah. Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan AS menolak berkomentar di luar pemberitahuan itu.

Sanksi yang mencakup Inspur serupa dengan yang dikenakan pada Huawei Technologies Co., dan berlaku untuk pengiriman dari AS serta barang buatan luar negeri yang diproduksi dengan alat atau teknologi asal AS, yang secara efektif berarti mencakup semua semikonduktor di planet, kata Kevin Wolf, partner di Akin Gump Strauss Hauer & Feld.

AS juga telah menambahkan BGI Research ke dalam daftar, yang mencerminkan penggunaan daftar hitam oleh pemerintah untuk mengatasi pelanggaran hak asasi manusia di China.

Pada tahun 2020, dua afiliasi BGI, Beijing Liuhe BGI dan Xinjiang Silk Road BGI, termasuk di antara 11 perusahaan China yang ditambahkan ke daftar entitas Departemen Perdagangan AS atas dugaan keterlibatan mereka dalam pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

BGI kemudian mengeluarkan tanggapan yang mengatakan hal itu tidak berdasar dan perusahaan secara ketat mematuhi semua praktik dan hukum bisnis internasional.

--Dengan asistensi Gao Yuan dan John Harney.

(bbn)

No more pages