Logo Bloomberg Technoz

Waspada Penimbunan Sembako Jelang Nataru

Dovana Hasiana
19 December 2023 18:30

Ilustrasi Pasar Tradisional (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Tradisional (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan melakukan pengawasan distribusi barang kebutuhan pokok dengan melibatkan satuan tugas (satgas) pangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah upaya-upaya spekulasi atau penimbunan yang dilakukan oknum pelaku usaha menjelang dan selama Nataru 2023/2024. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim mengatakan, upaya pengawasan juga dilakukan untuk menjaga ketersedian pasokan dan stabilitas harga menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. 

“(Hal ini) menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna,” ujar Isy kepada Bloomberg Technoz, Selasa (19/12/2023). 

Selain itu, terdapat 6 langkah lainnya yang dilakukan oleh Kemendag untuk menjaga ketersedian pasokan dan stabilitas harga menjelang Nataru 2023/2024. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengintensifkan pemantauan ketersediaan pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok pada 679 pasar di 503 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.