Logo Bloomberg Technoz

Daftar Presiden AS yang Pernah Dimakzulkan Selain Biden

Rosmayanti
15 December 2023 20:40

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Republik di DPR Amerika Serikat (AS) pada Rabu memberikan suara secara resmi mengesahkan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden. Keputusan ini semakin mendorong penyelidikan yang sudah berlangsung selama beberapa bulan.

Pemungutan suara dengan hasil 221 banding 212 suara partai ini menyiapkan pertarungan sengit antara Kongres dan Gedung Putih menjelang Pemilu 2024. Kandidat terdepan dari Partai Republik, Donald Trump, telah mendesak anggota parlemen dari Partai Republik untuk meningkatkan penyelidikan pemakzulan terhadap Biden.

Penyelidikan ini berfokus pada keuangan keluarga Biden dan urusan bisnis putranya, Hunter, dan kerabat lainnya. Biden mengecam penyelidikan tersebut sebagai serangan yang "tidak berdasar".

"Alih-alih menyelesaikan pekerjaan mereka yang mendesak, mereka memilih untuk membuang-buang waktu demi aksi politik tak berdasar ini yang bahkan diakui Partai Republik di Kongres tidak didukung oleh fakta," kata Biden tentang Partai Republik.

Biden bukan satu-satunya Presiden AS yang menghadapi proses pemakzulan. Sebelumnya, ada empat presiden yang mengalami nasib serupa dengan Biden. Berikut Bloomberg Technoz rangkum daftar Presiden AS yang pernah dimakzulkan.