Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Akan Tawarkan Proyek Khusus IKN ke Jepang

Fransisco Rosarians Enga Geken
16 December 2023 08:00

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menawarkan beberapa proyek khusus kepada pengusaha dan pemerintah Jepang untuk berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal ini akan disampaikan pada saat bertemu Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-Jepang.

“IKN akan dibicarakan, saya akan mendorong ada salah satu atau dua untuk investor Jepang atau pemerintah Jepang untuk kerja sama,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Sabtu (16/12/2023).

Jokowi dan sejumlah pejabat memang terus menawarkan proyek IKN setiap kali melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Sebelumnya, Badan Otorita IKN mengklaim sudah mengantongi 328 letter of intent atau pernyataan minat dari investor terhadap proyek pembangunan ibu kota baru. Sebanyak 40% di antaranya adalah pengusaha atau pemerintah asing.

Jokowi akan menjalani sejumlah pertemuan dan acara di Jepang, hingga 19 Desember 2023. Pertama, dia akan bertemu dengan PM Jepang, Fumio Kishida untuk membahas sejumlah isu kerja sama; antara lain ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis, dan maritim.

Dia dan Kishida kemudian akan memimpin KTT Asean-Jepang dalam rangka perayaan kerja sama 50 tahun dengan tema Golden Friendship-Golden Opportunity. Pertemuan tersebut akan memperkuat kemitraan Asean-Jepang dengan orientasi kerja sama masa depan bidang ekonomi hijau, transformasi digital, dan implementasi Asean Outlook di Indopasifik.