Logo Bloomberg Technoz

IMF: Bank Sentral Tak Perlu Tergesa-gesa Gabung Kebijakan the Fed

News
15 December 2023 16:40

Managing Director IMF Kristalina Georgieva (Sumber: Bloomberg)
Managing Director IMF Kristalina Georgieva (Sumber: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Kepala Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) mengatakan bahwa bank-bank sentral di seluruh dunia seharusnya tidak terburu-buru mengendurkan upaya mereka melawan inflasi, bahkan ketika Federal Reserve mengisyaratkan perubahan kebijakan mereka sendiri tahun depan.

"Kadang-kadang negara-negara secara prematur menyatakan kemenangan dan kemudian inflasi semakin mengakar dan perjuangan menjadi lebih sulit," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva kepada para wartawan di Seoul. "Jangan mengatakan melompat sebelum Anda melompat."

Kepala IMF bergabung dengan Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dan Gubernur Bank of England Andrew Bailey dalam menyuarakan kewaspadaan setelah The Fed mengguncang pasar pada Rabu dengan mengindikasikan bahwa para pembuat kebijakan mengalihkan perhatian mereka untuk memangkas biaya pinjaman pada tahun 2024.

Lagarde mengindikasikan bahwa sarannya berlaku untuk kasus Bank of Korea (BOK), setelah ia bertemu dengan Gubernur Rhee Chang-yong.

Bank of Korea (Dok. Bloomberg)