Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting dari Keputusan Suku Bunga The Fed

News
14 December 2023 07:20

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Scott Lanman - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga acuan pada Rabu waktu setempat. Berikut adalah poin-poin penting dan proyeksi ekonomi dari keputusan tersebut.

Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran target 5,25%-5,5% untuk pertemuan ketiga berturut-turut. Keputusan tersebut sesuai dengan perkiraan.

'Dot plot' proyeksi suku bunga menunjukkan berbagai estimasi terkait seberapa banyak The Fed harus memangkas suku bunga tahun depan, dengan median di 75 basis poin. Delapan orang mengantisipasi penurunan yang lebih sedikit, sedangkan lima orang memperkirakan penurunan yang lebih dalam.

FOMC melunakkan sikap terhadap kenaikan lebih lanjut dengan menambah satu kata pada pernyataannya. Mereka mengatakan bahwa para pejabat akan mempertimbangkan apakah "ada" pengetatan kebijakan tambahan yang diperlukan.