Logo Bloomberg Technoz

Momen Prabowo Joget di Debat, Sekali Respons Ganjar lalu ke Anies

Pramesti Regita Cindy
13 December 2023 09:15

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat debat perdana di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat debat perdana di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat pertama bagi calon presiden (capres) telah selesai dilaksanakan pada Selasa malam (12/12/2023) di gedung KPU RI, Jakarta Pusat. Namun lagi dan lagi, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi sorotan lantara melakukan gimmick dengan joget gaya silat. 

Setidaknya selama debat berlangsung, Prabowo melakukan hal tersebut sebanyak dua kali ketika segmen kedua dan ketiga berlangsung. 

Pertama, ketika dirinya menanggapi komentar capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 1, Anies Baswedan terhadap isu HAM yang ditanyakan oleh Panelis. Pada saat itu, Prabowo seolah membenarkan pernyataan dari masing-masing kubu. Tak lama dirinya berjoget. 

"Benar saya setuju, harus ada pendekatan dialog. Dan saya juga setuju (penonton bertepuk tangan) tunggu dulu, aku mau jawab," ujar Prabowo sembari berjoget memasang kuda-kuda silat. 

Dia pun melanjutkan, "Benar berkeadilan, tetapi tidak sesederhana itu pak Anies. Ada faktor-faktor lain pak Anies. Ada faktor Geopolitik, ideologi inilah yang masalahnya tidak gampang," kata Menteri Pertahanan ini. 

Debat perdana Capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)