Logo Bloomberg Technoz

IMF Beri Bantuan untuk Ukraina Rp14 T

News
12 December 2023 14:00

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Kateryna Chursina dan Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui penyaluran bantuan sebesar US$900 juta atau setara Rp14 T ke Ukraina. IMF mendesak negara-negara dan pemberi pinjaman lain untuk melaksanakan janji mereka terkait paket internasional senilai US$122 miliar atau setara Rp1.906 triliun yang diumumkan awal tahun ini.

Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, mengumumkan keputusan tersebut pada hari Senin bersamaan dengan kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy ke Amerika Serikat (AS)

Presiden Ukraina berada di Washington untuk membujuk anggota parlemen AS menyetujui sekitar US$60 miliar dana AS yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden. Sebelumnya pada hari itu, dia memperingatkan bahwa kebuntuan mereka terkait bantuan militer hanya akan menguntungkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya ingin menegaskan kembali pentingnya donor menyalurkan sumber daya sesuai janji, dan dengan cara yang tepat waktu dan dapat diprediksi," kata Gavin Gray, Kepala Misi IMF untuk Ukraina, dalam sebuah pengarahan pada hari Senin, tanpa menyebutkan nama negara.