Logo Bloomberg Technoz

Bantuan Ukraina Tak Pasti, Zelenskiy Desak Tentara Terus Perang

News
11 December 2023 15:40

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Daryna Krasnolutska - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendesak pasukannya untuk terus melanjutkan pertempuran ketika Rusia mencoba merebut lebih banyak wilayah di timur Ukraina. Sementara pemungutan suara Kongres Amerika Serikat (AS) terkait bantuan darurat untuk Kyiv berada dalam ketidakpastian.

"Tugas negara kita - bahkan sekarang, di musim dingin, seberapa sulit pun itu - adalah menunjukkan kekuatan dan tidak membiarkan musuh mengambil inisiatif, tidak membiarkan mereka memperkuat posisi," kata Zelenskiy pada Jumat malam dalam pidato rutinnya kepada rakyat Ukraina.

"Kami terus melakukan upaya diplomasi aktif untuk membawa keuntungan bagi Ukraina dalam pertahanan, keuangan makro, dan kekuatan politik dan motivasi," tambah Zelenskiy, sambil menambahkan bahwa dia bertemu pada Jumat dengan komandan teratasnya untuk mengetahui perkembangan terkini di medan pertempuran.

Anggota senat dari Partai Republik telah memblokir bantuan senilai US$66 miliar atau setara Rp1.030 triliun untuk Ukraina, menuntut agar pemerintahan Biden memperketat perbatasan selatan AS terhadap imigran Latin.