Logo Bloomberg Technoz

Rusia Terus Bombardir Ukraina di Tengah Ketidakpastian Bantuan AS

News
07 December 2023 07:00

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Sumber: Bloomberg)

Aliaksandr Kudrytski - Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina mengalami serangan drone terbesar dari Rusia dalam lebih dari sepuluh hari pada Rabu. Serangan ini terjadi ketika dana dukungan militer dari Amerika Serikat (AS) kemungkinan habis di tengah perundingan terkait bantuan yang terhenti di Washington.

Komando Angkatan Udara Ukraina via Telegram pada Rabu mengatakan pertahanan udara berhasil menjatuhkan 41 dari 48 drone Shaded bermuatan bahan peledak yang diluncukan Rusia. Ini menandai kinerja yang sedikit lebih buruk dibandingkan serangan pada 25 November ketika Ukraina hanya melewatkan empat dari 75 drone.

Ukraina semakin bergantung pada unit militer kecil, yang berkeliling menggunakan truk untuk memburu drone. Negara tersebut tidak memiliki pertahanan udara canggih untuk mencakup seluruh wilayahnya.

Volodymyr Zelenskiy membatalkan pidatonya di Senat AS pada hari Selasa karena para legislator terpecah terkait paket bantuan perang baru senilai US$61 miliar untuk Kyiv. Gedung Putih telah memperingatkan bahwa AS bisa benar-benar kehabisan dana untuk membantu Ukraina pada akhir tahun kalender.