Logo Bloomberg Technoz

Tips Aman Mudik Pakai Motor Ala Kemenhub

Dovana Hasiana
08 December 2023 13:40

Suasana penumpang kereta api jarak jauh saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang kereta api jarak jauh saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan memberikan berbagai imbauan bagi masyarakat Indonesia yang tetap memilih untuk menggunakan motor dalam melakukan mudik pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. 

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Ahmad Yani menegaskan pemudik lebih dari 2 orang tidak boleh menggunakan 1 motor yang sama untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Tips Aman Mudik Pakai Motor

Ahmad juga mengimbau pemudik untuk melakukan berbagai pengecekan terhadap motor yang akan digunakan dan menyiapkan berbagai atribut dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk keselamatan pemudik. 

“Periksa ban, siapkan dan cek rem, menggunakan atribut atau jaket yang bisa dilihat atau terlihat oleh pengendara lain terutama di malam hari, ini sangat riskan sekali,” ujar Ahmad dalam agenda Wujudkan Libur Nataru yang Selamat melalui Inovasi dalam Pengelolaan Transportasi Darat yang disiarkan secara virtual, Jumat (8/12/2023). 

“Jangan lebih dari 2 orang untuk naik motor jarak jauh, apalagi ada yang kecil terus digendong. Saya pernah mendapati sampai anak yang digendong tidak ada nyawa, meninggal. Pernah saya dapat pada saat Lebaran beberapa tahun yang lalu,” lanjutnya.