Logo Bloomberg Technoz

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenhub Imbau Mudik Pakai Masker

Dovana Hasiana
08 December 2023 10:41

Pemudik sepeda motor melintas di kawasan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa Malam (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pemudik sepeda motor melintas di kawasan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa Malam (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan saat periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) untuk menggunakan masker. Hal ini untuk menyikapi kasus Covid-19 yang mulai mengalami peningkatan di Indonesia. 

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan Kemenhub tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat melakukan perjalanan di Nataru 2023/2024 walaupun saat ini pemerintah belum mengeluarkan imbauan secara resmi. 

“Kami harap walaupun belum ada imbauan secara resmi oleh pemerintah, maka Kemenhub menyatakan pada saat melakukan perjalanan tetap menggunakan masker,” ujar Ahmad dalam agenda Wujudkan Libur Nataru yang Selamat melalui Inovasi dalam Pengelolaan Transportasi Darat yang disiarkan secara virtual, Jumat (8/12/2023). 

Menurut Ahmad, sementara ini pemerintah belum mengeluarkan himbauan resmi, namun memastikan bahwa biasanya pemerintah akan mengeluarkan keputusan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan. 

Kendati demikian, kata Ahmad, penggunaan masker merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menanggapi kasus Covid-19 yang meningkat akhir-akhir ini.