Logo Bloomberg Technoz

Sosok Truong My Lan di Pusaran Penggelapan Dana Rp193 T

News
06 December 2023 16:40

Truong My Lan sebelum dia ditangkap pada Oktober 2022. (Foto: Van Thinh Phat)
Truong My Lan sebelum dia ditangkap pada Oktober 2022. (Foto: Van Thinh Phat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Vietnam sedang diguncang kasus penggelapan dana senilai lebih dari US$12,5 miliar atau setara Rp193 triliun. Kasus ini menyeret sosok Truong My Lan, mantan chairman dari raksasa properti Van Thinh Phat Holdings Group. Siapa dia?

Truong My Lan lahir di Saigon, Vietnam pada Oktober 1956 dan merupakan anak dari keluarga imigran China. Dikutip dari South China Morning Post, dia mendirikan Van Thinh Phat Limited Liaibility Company paad 1992 yang awalnya bergerak di bidang perhotelan, restoran, dan perdagangan. Lan kemudian melebarkan sayap ke sektor properti yang berkembang pesat diduga karena adanya koneksi politik.

Pada 2007, dia mendirikan Van Thinh Phat Group dengan modal dasar 6 triliun dong. Truong My Lan saat itu diketahui memiliki 80% saham perusahaan.

Bisnisnya terus berkembang pesat, yang diduga dipicu oleh pengambilan utang dalam jumlah besar lewat pasar obligasi komersial. Bisnisnya menerbitkan 25 jenis obligasi yang berbeda, dijual secara agresif lewat Saigon Commercial Bank (SCB) yang membuat perusahaan meraup dana 30 triliun dong.

Skema Penipuan

Berdasarkan penyelidikan polisi, seperti yang diberitakan oleh VnExpress, Van Thinh Phat beroperasi sebagai perusahaan saham gabungan dengan lebih dari 1.000 anak perusahaan dan perusahaan anggota baik di dalam maupun luar negeri.