Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tinjau Progres Calon Kawasan Industri Hijau Terbesar Dunia

28 February 2023 16:50

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kalimantan Utara, (Tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kalimantan Utara, (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Dia mengatakan, kawasan dengan luas 13.000 hektare tersebut akan menjadi pusat industri hijau terbesar di dunia.

"Ini adalah masa depan Indonesia. Kalau terealisasi, semua yang berkaitan dengan green product pasti akan menengok ke kawasan ini," kata Presiden Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (28/2/2023).

Jokowi memang sangat agresif mempromosikan industri hijau lantaran sudah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon nasional hampir sepertiganya pada tahun 2030 nanti.  Saat ini Indonesia adalah penyumbang emisi karbon terbesar kelima di Asia. 

Menurut dia, salah satu industri yang akan dikembangkan dan dibangun adalah baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (Baterai EV). Selain itu, dua industri lainnya yang akan berdiri adalah pembangunan petrokimia, dan alumunium.

"Semuanya kita harapkan nanti didukung oleh energi hijau, oleh renewable energy, oleh hydropower dari Sungai Mentarang, Sungai Kayan di Kalimantan Utara,” ujarnya.

Pemerintah memprediksi kawasan ini akan menjadi pusat penghasil sebagian besar produk hijau dalam negeri. keberadaan kawasan ini harapannya juga mampu meningkatkan kualitas dari setiap produk tersebut sehingga turut menarik minat investasi.

Jokowi pun mengklaim akan mengawasi seluruh perkembangan pembangunan kawasan ini. Berdasarkan pemeriksaan lapangan, dia mengatakan, pembangunan tidak akan mengalami masalah karena sudah melengkapi persyaratan dan perizinan.