Logo Bloomberg Technoz

Andalkan Mineral, Jokowi Optimistis RI Segera Jadi Negara Maju

Krizia Putri Kinanti
22 February 2023 17:24

Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Meninjau Normalisasi Kali Ciliwung, Jakarta (21/2/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Meninjau Normalisasi Kali Ciliwung, Jakarta (21/2/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin agar Indonesia dapat segera menjadi negara maju dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki, khususnya dari sektor pertambangan mineral.

Dia menjelaskan banyak negara di Amerika Latin, yang pada dekade 1950-an atau 1960-an sudah menjadi negara berkembang, tetapi sampai sekarang tidak naik kelas menjadi negara maju. 

Penyebabnya, kata Jokowi, negara-negara di Amerika Latin memiliki barang dan produk yang dihasilkan oleh sumber daya alam domestik yang menyebabkan negara lain bergantung pada mereka.

"Dengan sumber daya alam yang banyak, negara-negara di Amerika Latin tetap menjadi negara berkembang, kita tidak mau seperti itu. Kita sekarang negara berkembang, tetapi keinginan untuk menjadi negara maju itu harus, dengan cara apapun harus," ujarnya pada pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah, Rabu (22/2/2023).

Dia menyebut Taiwan dan Korea Selatan sebagai contoh kekuatan yang bisa melompat menjadi ekonomi maju, karena keduanya memproduksi produk bernilai tambah yang sangat dibutuhkan oleh negara lain, baik oleh negara-negara di Amerika maupun Eropa. 

Keinginan untuk menjadi negara maju itu harus, dengan cara apapun harus.

Presiden Joko Widodo