Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Targetkan Kawasan Industri Pupuk di Papua Rampung 2027

28 February 2023 09:41

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik PT Pupuk Iskandar Muda di Aceh, Jumat (10/2/2023) (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik PT Pupuk Iskandar Muda di Aceh, Jumat (10/2/2023) (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Kawasan Industri Pupuk Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Fakfak, beroperasi secara komersil pada semester II 2027.

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebutkan, pembangunan Kawasan Industri Pupuk di Papua Barat merupakan proyek besar yang akan difungsikan sebagai lumbung pangan di kawasan Timur Indonesia.

Proyek ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi distribusi logistik di wilayah Papua yang selama ini kerap menelan biaya besar sehingga sulit mengembangkan sektor pertanian.

“Proyek ini termasuk dalam PSN atau Proyek Strategis Nasional. Oleh karena itu, sesuai arahan Presiden Jokowi, harus kami kawal sampai tuntas. Jangan sampai ada gerakan tambahan yang menghalangi pelaksanaan PSN,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi dikutip Selasa (28/2).

Proyek itu masuk dalam PSN pada 12 Desember 2022. Pada tanggal 9 Februari 2023, PT Pupuk Kaltim Timur (PT PKT) dan Kaltim Industrial Estate (KIE) ditunjuk sebagai pengelola dan pelaksana Kawasan Industri Pupuk Fakfak.