Logo Bloomberg Technoz

Peru dan Kosta Rika merupakan negara yang paling menguasai apsar baru Microsoft dari sisi pelanggan. Persentaseny, kata Spencer, hampir setengah dari jumlah pelanggan baru. Secara global, Brasil adalah pasar terbesar kedua untuk PC Game Pass. 

“Dalam banyak hal, Brasil memimpin banyak tren yang kami lihat secara global,” kata Spencer. Namun, perangkat mobile juga sangat penting di Brasil, dan di sana Microsoft tertinggal.

Phil Spencer Photographer. (Dok: Philip Pacheco/Bloomberg)

Perusahaan baru saja menyelesaikan akuisisi bernilai US$69 miliar terhadap raksasa game Activision Blizzard Inc, yang menurut Spencer sebagian dimotivasi oleh kehadiran Activision yang kuat di game mobile dengan game-game populer, seperti Candy Crush dan Call of Duty Mobile.

Dia berpendapat bahwa kesepakatan diperlukan untuk meningkatkan langkah perusahaan yang relatif kecil di pasar game mobile senilai US$90 miliar. Penundaan dalam penutupan kesepakatan itu, yang selesai pada bulan Oktober, hampir dua tahun setelah diumumkan, membuat Microsoft tidak dapat bergerak maju secara agresif dengan rencana toko aplikasinya.

Bisnis ini telah berubah sejak pertama kali Microsoft mengumumkan merger. Pasca bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang kuat, game seluler telah mengalami penurunan pasar. Tahun 2022, para pemain menghabiskan 5% lebih sedikit daripada tahun sebelumnya, menurut penelitian dari Data.ai. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut tahun ini.

Toko baru Microsoft juga akan memasuki iklim regulasi yang menantang di sekitar pasar digital berbasis smartphone. Pengembang game Fortnite, Epic Games Inc telah menggugat Apple dan Google milik Alphabet Inc atas praktik toko iOS dan Android mereka, dengan tuduhan bahwa keduanya terlalu membatasi dan tidak adil

Apple tidak mengizinkan bersaing di platform iPhone dan iPad-nya, dan memungut potongan 30% dari penjualan untuk sebagian besar pembelian. Para pembuat game mempermasalahkan biaya tersebut.

Epic kalah dalam pertarungannya dengan Apple, namun pada bulan September meminta Mahkamah Agung AS untuk mempertimbangkannya.

Apple mengajukan petisi ke pengadilan untuk membatalkan perintah yang akan memaksa perusahaan membiarkan pengembang game mengarahkan pelanggan ke metode pembayaran lain. Epic masih berjuang di pengadilan untuk kasusnya melawan Google, yang mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di perangkatnya.

Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa, yang baru saja mulai berlaku, dapat memaksa Apple untuk membuka ekosistem toko aplikasinya. Apple menantang peraturan tersebut.

Microsoft mungkin dapat menggunakan kebencian lama terhadap para pemimpin pasar untuk mendapatkan dukungan membela diri bagi penawaran tokonya. Teknologi cloud gaming Xbox sudah memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game-game blockbuster ke ponsel. 

“Kami telah berbicara tentang pilihan, dan hari ini di smartphone Anda, Anda tidak punya pilihan. Untuk memastikan bahwa Xbox tidak hanya relevan hari ini, tapi juga untuk 10, 20 tahun ke depan, kami harus kuat di banyak layar,” kata Spencer. 

Para gamer yang ditemui Spencer di Brasil pada acara Microsoft fan juga meminta dia  untuk melakukan lebih banyak hal dengan game World of Warcraft dari Blizzard untuk pelanggan lokal. Dia selanjutnya berencana untuk menyampaikan masukan tersebut kepada tim yang baru saja diakuisisi.

(bbn)

No more pages