Logo Bloomberg Technoz

Deretan Pemenang Annual Report Award 2022


Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Jakarta - Penganugerahan Annual Report Award (ARA) untuk yang ke-18 kalinya digelar akhir November 2023. ARA adalah ajang penilaian laporan keuangan yang diadakan secara berkala untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik yang tercatat maupun tidak. Penilaian ARA untuk tahun buku 2022 sukses digelar pada Senin, 27 November 2023. 

Kegiatan ARA diselenggarakan untuk mendorong penerapan prinsip governansi korporat perusahaan di Indonesia. Penilaian dilakukan berdasarkan keterbukaan informasi dan praktik governansi yang dilakukan melalui penilaian terhadap laporan tahunan perusahaan dan pemberian rekomendasi perbaikan terhadap seluruh peserta ARA.

Penyelenggaraan ARA 2022 merupakan hasil kerja sama Komite Nasional Kebijakan Governansi dengan enam instansi penyelenggara, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan, BEI, serta Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Ketua Panitia Pengarah ARA 2022, Prof Mardiasmo, menjelaskan, terdapat 163 peserta yang ikut dalam kegiatan ARA 2022 tersebut. Para peserta tersebut telah terbagi dalam 11 (sebelas) kategori penilaian. Kategori penilaian itu adalah, Go Publik Keuangan, Go Publik Non Keuangan, Non Go Publik Keuangan, Non Go Publik Non Keuangan, BUMN Keuangan, BUMN Non Keuangan, BUMD Keuangan, Non BUMN/Non BUMD Keuangan,  Non BUMN/Non BUMD Non Keuangan, Industri Keuangan Non Bank dan Syariah.

Pesan utama penyelenggaraan ARA 2022 adalah perlunya pengungkapan dan praktik governansi korporat dan keberlanjutan sebagai bagian terintegrasi dari model bisnis perusahaan serta konsistensi pengungkapan yang disampaikan dibandingkan dengan fakta yang ada. Dengan demikian, tema yang dipilih untuk Annual Report Award (ARA) 2022 adalah “Integrated Mindset toward Sustainability for Long-Term Value Creation”.