Logo Bloomberg Technoz

Sektor Manufaktur Asia Masih Belum Pulih dari Tekanan

News
01 December 2023 12:30

Manufaktur di China (Sumber: Bloomberg)
Manufaktur di China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News, Claire Jiao

Indikator utama aktivitas pabrik-pabrik di Asia gagal membalikkan sentimen bearish pada November. Permintaan barang global masih lemah dan pemulihan ekonomi China yang lemah melemahkan optimisme apapun.

Sementara indeks pembelian manufaktur untuk Korea Selatan dan Taiwan menunjukkan tanda-tanda stabilisasi aktivitas, suasana di Jepang suram, menurut survei yang diterbitkan pada Jumat oleh S&P Global dan au Jibun Bank. Indeks swasta mengenai aktivitas pabrik di China secara tak terduga kembali mengalami ekspansi.

Angka di Vietnam memburuk karena pabrik-pabrik terbebani oleh biaya input yang lebih tinggi dan konsumen tidak bersedia membayar harga yang lebih tinggi. Skor Malaysia dan Thailand membaik meski masih berada di bawah 50, garis pemisah antara kontraksi dan ekspansi.

Sektor Manufaktur Asia. (Bloomberg)

Pemimpin perdagangan Korea Selatan akhirnya mengakhiri penurunan manufaktur selama 16 bulan dengan PMI sebesar 50 – tepat di ambang batas. Produsen meningkatkan jumlah staf dan pembelian sebagai tanda peningkatan permintaan.