Logo Bloomberg Technoz

Israel Siap Gempur Gaza Selatan, AS Imbau Jangan Seperti di Utara

News
01 December 2023 07:20

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News, Courtney McBride and Gwen Ackerman

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyerukan kepada pemimpin Israel bahwa mereka untuk tidak lagi mengulangi skala kehancuran dan pengungsian yang terjadi di Jalur Gaza utara saat mereka mempersiapkan serangan militer lebih jauh ke selatan untuk memberantas Hamas.

“Saya menggarisbawahi pentingnya bagi Amerika Serikat agar hilangnya banyak nyawa warga sipil dan pengungsian dalam skala yang kita lihat di Gaza utara tidak terulang di Gaza selatan,” kata Blinken dalam sebuah pengarahan usai bertemu kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Kamis (30/11/2023).

Komentarnya selama satu hari pertemuan mencerminkan perubahan sikap pemerintahan Biden terhadap pesan yang semakin tegas: Israel harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional jika negara itu melanjutkan peperangan setelah gencatan senjata saat ini.

Blinken menggarisbawahi seruan untuk menahan diri dalam postingan media sosial di X, dengan mengatakan bahwa dalam pertemuan dengan Netanyahu “Saya menekankan perlunya Israel mengambil segala tindakan yang mungkin untuk menghindari kerugian sipil.”