Logo Bloomberg Technoz

BCA: Tidak Ada Jaminan Bank Digital Menangkan Persaingan

Mis Fransiska Dewi
29 November 2023 10:41

Ilustrasi BCA Mobile. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto0
Ilustrasi BCA Mobile. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto0

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Keuangan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Vera Eve Lim berbicara soal perkembangan bank digital. Menurutnya, tidak ada jaminan bank digital mampu menggeser dominasi bank yang mengusung konsep hybrid.

"Ini positioning dari bank seperti BCA, kami posisikan diri sebagai hybrid, ada bank digital [konvensional]," ujar Vera, Rabu (29/11/2023).

BCA memiliki bank digital berupa BCA Digital Blu. Sejumlah aktivitas transaksi, bahkan mulai dari membuka rekening, bisa dilakukan melalui layanan ini. Karena hybrid, nasabah juga masih bisa mendatangi langsung cabang-cabang BCA untuk aktivitas perbankan.

"Perkembangan bank digital hari ini, saya pikir pangsanya itu tidak bisa seluas bank yang hybrid. Tentunya, kemampuan melayani nasabah juga hanya bisa untuk segmen tertentu, biasanya segmen retail dan menjangkau anak-anak muda," jelas Vera.

Sampai hari ini, lanjut Vera, semua bank sebenarnya sudah memiliki bank digital melalui layanan mobile banking. Jadi, menurutnya, tantangan untuk bank digital adalah bagaimana berkompetisi dengan bank hybrid yang punya ekosistem jauh lebih luas dan kemampuan melayani melalui berbagai channel.