Logo Bloomberg Technoz

Hadapi Pajak Karbon, Adaro Minerals Mulai Efisiensi Tambang

Sultan Ibnu Affan
28 November 2023 13:10

Dok. Adaro Minerals Indonesia
Dok. Adaro Minerals Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) bersiap untuk menghadapi kemungkinan implementasi pajak karbon di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, sejalan dengan upaya pemerintah mengelola emisi gas rumah kaca (GRK).

Meski hingga saat ini pajak karbon tidak kunjung diterapkan di Tanah Air, perusahaan tambang batu bara metalurgi atau kokas itu telah mempersiapkan upaya-upaya dalam rangka mendukung pemerintah mencapai nol emisi pada 2060 atau lebih cepat.

"ADMR berkomitmen untuk net zero emission. Tentunya program-program terus kami siapkan, khususnya dalam hal dekarbonisasi," ujar Direktur ADMR Heri Gunawan dalam paparan publik, awal pekan ini.

Heri menyebut program-program dekarbonasi tersebut mencakup penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan di lingkungan pertambangan ADMR, elektrifikasi alat pertambangan, rehabilitasi lahan, hingga membangun mini hydro power plant atau pembangkit listrik tenaga air (PLTA) skala kecil

"[Pada] intinya, kita juga jangan melupakan bahwa operasi [pertambangan batu bara] yang efisien itu sangat dibutuhkan untuk dekarbonisasi," jelas Heri.