Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Diimbau Dampingi Bank dan UMKM agar KUR Tepat Sasaran

Dovana Hasiana
24 November 2023 21:20

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) tidak sepakat dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang menyalahkan pihak perbankan dalam masalah penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang tidak tepat sasaran.

Sekretaris Jenderal Akumindo Edy Misero mengatakan, dibanding hanya menyalahkan satu pihak,  permasalahan KUR yang tidak tepat sasaran seharusnya dilihat dalam gambaran yang lebih besar.

“Kalau kita melihat satu masalah, solusi persoalan yang paling penting. Saya minta maaf ke Pak Teten, tapi maksud saya kita jangan masuk atau terjebak menyalahkan si a atau si b,” ujar Edy kepada Bloomberg Technoz, Jumat (24/11/2023).

Penyaluran KUR yang tidak tepat sasaran, menurut Edy, harus dilihat sebagai momentum untuk memberikan pendampingan, baik kepada perbankan maupun UMKM.

Dari sisi perbankan, pemerintah dapat memberikan pendampingan agar perbankan bisa menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM yang membutuhkan sesuai dengan aturan yang berlaku.