Logo Bloomberg Technoz

Banten juga masuk wilayah peringatan dini cuaca buruk oleh BMKG.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak bagian utara dan tengah, Kabupaten Tangeran bagian selatan."

DKI Jakarta juga masuk wilayah yang masuk peringatan dini. BKMG merilis bahwa hujan yang disertai kilat dan petir serta angin kencang akan melanda Jakarta Utara hingga Kepulauan Seribu pada pagi bahkan hingga dini hari nanti.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk, hujan sedang hingga lebat di Gorontalo. Angin kencang bisa terjadi di Pohuwato, Gorontalo Utara juga Kabupaten Bone Bolango.

Sementara di Bengkulu, wilayah-wilayah yang diperingatkan mengalami cuaca buruk yakni Kabupaten Mukomuko, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Kota Bengkulu, Seluma dan Kaur.

Di Lampung, peringatan dini hujan lebat dan angin kencang untuk wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran dan Bandar Lampung.

Jambi juga masuk dalam wilayah peringatan dini. Hujan disertai petir dan angin kencang bisa terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Cuaca buruk terjadi siang, sore bahkan hingga malam.

Wilayah Jawa Barat yang mendapatkan peringatan dini hujan disertai angin kencang yaitu Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu.

Di Jawa Timur, hujan deras siang hingga sore hari diperkirakan terjadi di Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Blitar, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumayang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Hal yang sama juga diprediksi terjadi pada hari ini di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat. Sementara di Kalimantan Timur hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang terjadi di wilayah Tabang, Samarinda, Kelay, Muara Badak, Sebulu, Bengalon, Penajam, Long Iram, Muara Jawa, Sagkulirang, Batu Sopang, Loa Janan Ilir, Tanah Grogot.

Di Kalimantan Selatan, hujan lebat dengan petir dan kilat diprediksi terjadi di Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan Kotabaru, Tanah Bambu.

Di Kalimantan Utara, hujan lebat dan angin kencang pada sore, malam hingga dini hari diprediksi di wilayah Peso, Pujungan, Kayan Hilir, Malinau Selatan Hulu, Bahau Hulu, Bunyu, Peso Hilir, Krayan, Krayan Selatan, Tanjung Palas Timur dan Tanjung Selor.

Di Nusa Tenggara Barat (NTB) hujan lebat disertai kilat dan petir dengan angin kencang diperingatkan untuk wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa yang terjadi pada siang hingga sore.

Wilayah yang masuk peringatan dini di Nusa Tenggara Timur yakni Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Floes Timur, Lembata, Alor, Blu, TTU. TTS, Kupang, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya dan Sumba Timur. Angin kencang berpotensi terjadi di sana.

Sementara untuk Maluku, sejumalah wilayah yang masuk peringatan dini yaitu Buru Selatan, Seram Barat, Maluku Tengah, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya. Peringatan juga dikeluarkan untuk sebagian wilayah Maluku Utara.

Di Papua, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di Kabupaten Biak Numfor, Nabire, Mamberamo Raya, sebagian Pegunungan Tengah, Mimika dan Asmat.

(ezr)

No more pages