Logo Bloomberg Technoz

Sejak Isu TikTok Muncul, Saham GOTO Sudah Melesat 36%

Muhammad Julian Fadli
23 November 2023 12:33

Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tengah ramai diperbincangkan terkait dengan rencana TikTok milik ByteDance Ltd. tengah mencoba memulai kembali toko online di pasar e-commerce Indonesia. Caranya, dengan berinvestasi di salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yaitu Tokopedia.

Jauh sebelumnya, Maybank Sekuritas Indonesia mengeluarkan riset mengenai GOTO mengenai peluang TikTok menjadi mitra dari GOTO agar bisa kembali ke bisnis e-commerce. 

Riset tersebut meyakini TikTok akan terus melanjutkan bisnis e-commerce karena Indonesia adalah pasar yang menguntungkan. Untuk itu, Tiktok memiliki 3 strategi yakni (1) Berkolaborasi dengan pemain yang sudah ada melalui API (Application Programming Interface), (2) Membangun platform e-commerce, dan (3) Mengakuisisi pemain yang ada. 

"Dengan asumsi model kemitraan, kami yakin GOTO adalah kandidat utama (mitra TikTok)," tulis Riset tersebut, yang terbit sejak 17 Oktober.

Terbaru, pihak terkait kabarnya tengah melakukan pembicaraan lebih lanjut terkait hal-hal tersebut. Upaya investasi potensial ke unit ritel online GOTO itu juga kabarnya dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan kata beberapa orang yang mengetahui masalah ini, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (23/11/2023).