Logo Bloomberg Technoz

Tak Masuk ke Saham GOTO, TikTok Bakal Investasi di Tokopedia

Mis Fransiska Dewi
23 November 2023 08:40

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - TikTok milik ByteDance Ltd tengah mencoba memulai kembali toko online di pasar e-commerce Indonesia. Caranya, dengan berinvestasi di salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), yakni Tokopedia.

Pihak terkait kabarnya tengah melakukan pembicaraan terkait hal tersebut. Upaya investasi potensial ke unit ritel online GOTO itu juga kabarnya dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan kata beberapa orang yang mengetahui masalah ini, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (31/11/2023).

Sumber itu juga menyebutkan, alih-alih investasi langsung, kesepakatan tersebut dapat berbentuk joint venture antara kedua perusahaan. Pembicaraan ini juga melibatkan kedua perusahaan untuk bersama-sama membangun sebuah platform e-commerce baru.

Kesepakatan itu dirancang untuk menyiasati hambatan regulasi dan memungkinkan TikTok kembali menyediakan layanan belanja online di pasar ritel terbesar di Asia Tenggara.

Indonesia pada bulan September mengumumkan aturan baru yang memaksa TikTok untuk memisahkan pembayaran dari belanja di negara ini — sebuah pemisahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.