Logo Bloomberg Technoz

Kesuksesan besar ChatGPT memicu gelombang investasi dalam AI generatif dan mendorong kecerdasan buatan menjadi mainstream atau arus utama. Teknologi OpenAI menjadi tolok ukur bagi perusahaan-perusahaan AI pesaingnya yang terus bertambah di seluruh dunia.

OpenAI memiliki valuasi US$86 miliar (sekitar Rp1.340 triliun) dalam penawaran tender yang hampir selesai pada hari-hari sebelum keluarnya Altman. Penjualan saham tersebut sekarang berada di kelimbungan. Hubungan dekat OpenAI dengan Microsoft Corp, yang memegang sekitar 49% saham perusahaan dan merupakan penyedia utama kekuatan komputasi, hanya menambah kekuatan startup ini di industri. Saham Microsoft bergejolak dalam menanggapi lika-liku pergolakan kepemimpinan OpenAI.

Apa yang terjadi sebenarnya di perusahaan OpenAI?

Pada hari Jumat, sebuah pernyataan yang agak samar dari dewan direksi OpenAI mengatakan bahwa Altman diberhentikan sebagai CEO. Alasannya dewan karena “dia tidak secara konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan.” Greg Brockman, salah satu rekan founder, diturunkan dari dewan dan berhenti sebagai bentuk protes.

Keduanya kembali pada hari Minggu untuk mencoba dan menegosiasikan kembalinya mereka ke OpenAI, dengan syarat mengganti anggota dewan yang ada. Para investor dan eksekutif puncak OpenAI juga mendesak agar Altman dipekerjakan kembali. 

Sebaliknya, dewan OpenAI menunjuk co-founder dan CEO Twitch Emmett Shear sebagai CEO sementara yang kedua, setelah yang pertama - Chief Technology Officer (CTO) Mira Murati - menganjurkan agar Altman dan Brockman kembali ke perusahaan. 

Satya Nadella, pucuk pimpinan Microsoft, kemudian membackup Altman dan Brockman. Keduanya telah disiapkan untuk memimpin grup riset AI internal baru di perusahaan software senilai US$2,8 triliun tersebut.

Hampir semua karyawan OpenAI sejak saat itu mengancam akan keluar dan bergabung dengan Microsoft, kecuali Altman kembali ke OpenAI, dan dewan direksi mengundurkan diri.

Apa yang diinginkan oleh faksi-faksi yang berseteru?

Altman telah menjadi tokoh yang mendorong OpenAI dari perusahaan nirlaba menjadi merek yang dikenal secara global — yang terkait dengan ujung tombak penelitian AI. Namun Altman juga berselisih dengan anggota dewan tentang seberapa cepat mengembangkan AI generatif, bagaimana mengkomersialkan produk, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi potensi bahaya bagi masyarakat, kata orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini.

Dewan direksi tidak membuat pernyataan publik tambahan yang menjelaskan alasan kepergian Altman.

Bagi Microsoft, OpenAI adalah kunci dari strategi AI-nya. Nadella telah mengisyaratkan bahwa dirinya akan senang dengan Altman dan timnya, baik di dalam Microsoft atau kembali ke OpenAI — selama ia masih dapat mengandalkan kekuatan kolektif keahlian dan penelitian yang ia miliki saat ini.

Perusahaan lain di industri ini, seperti Nvidia Corp dan Salesforce Inc, telah menawarkan untuk mempekerjakan para insinyur OpenAI yang ingin pergi dari perusahaan. Talenta AI adalah sumber daya yang paling langka di industri ini, setelah cip akselerator berstandar emas dari Nvidia.

Sam Altman, pendiri OpenAI. (dok Bloomberg)

Kenapa beberapa orang berpikir bahwa teknologi OpenAI bisa berbahaya?

Untuk alasan yang sama mereka khawatir AI secara umum menimbulkan ancaman. Ada ketakutan bahwa pengembangan AI secara tergesa-gesa yang dapat belajar dan berkembang tanpa bantuan manusia, dapat menghasilkan kecerdasan yang berada di luar kendali kita bersama.

Namun, teknologi ini kemungkinan masih jauh dari skenario teoritis ini. Banyak orang juga sedang berupaya untuk memahami implikasi penuh dari komputer yang lebih pintar, yang dapat menambah atau menggantikan pekerjaan, membuat prediksi yang akurat tentang masa depan, dan mensimulasikan penalaran dan percakapan manusia.

Bagaimana drama OpenAI mencerminkan perdebatan yang tentang AI?

Meski kami masih belum mendapatkan penjelasan lengkap mengenai alasan dewan direksi dalam memberhentikan Altman, perpecahan soal komersialisasi tampaknya telah menjadi isu utama. Hal ini juga terjadi di beberapa arena lainnya.

Google, misalnya, telah lama menganjurkan pendekatan yang lambat dan hati-hati. Ini membuatnya terlihat seperti lamban ketika OpenAI membuat gebrakan dengan ChatGPT, meskipun telah melakukan lebih dari satu dekade investasi dan penelitian dalam AI.

Label seperti “akselerator” dan “pengaman” telah muncul, menarik garis pemisah di sekitar seberapa optimis sudut pandang seseorang tentang potensi manfaat dan bahaya AI.

Beberapa akselerator berpendapat bahwa Amerika Serikat  harus bergerak secepat mungkin agar tidak kalah oleh China, yang investasi dan kiprahnya di bidang AI “sangat menakjubkan,” menurut CEO Google Sundar Pichai.

CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Mengapa orang menginginkan Altman kembali ke OpenAI?

Sosok Sam Altman berperan penting dalam meningkatkan profil OpenAI dan menegosiasikan kesepakatan bernilai miliaran dolar dengan Microsoft— yang menyediakan sumber daya teknis dan dibutuhkan perusahaan.

Dengan latar belakangnya bekerja di akselerator startup Y Combinator dan bergaul dengan lingkaran pemodal ventura Silicon Valley, juga berarti dia berada di posisi yang tepat untuk memimpin perusahaan dalam mencari investasi dan dukungan lebih lanjut.

Penawaran tender senilai US$86 miliar, yang dipimpin oleh Thrive Capital, belum dibatalkan secara langsung, tetapi kini akan amat tergantung dari kembalinya Altman dan pemulihan OpenAI ke bisnis seperti semula, sebelum perubahan drastis pada hari Jumat. 

Teknologi kecerdasan buatan di masa depan

OpenAI. (Dok: Bloomberg)

Teknologi baru ini menjadi bahan tinjauan dan pertimbangan regulasi di seluruh dunia, dengan Inggris baru-baru ini menyelenggarakan konferensi internasional untuk mendiskusikan pendekatan yang tepat untuk pengadopsiannya.

Perusahaan swasta dan badan-badan pemerintah sedang dalam proses menegosiasikan cara mengurangi potensi bahaya tanpa menghambat inovasi. 

Di Tiongkok, di mana Beijing telah menjadi yang pertama dengan serangkaian ketentuan yang jelas tentang penggunaan AI, pendekatannya memperhatikan manfaat dan keunggulan kompetitif untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi ini.

Mengenai pengembangan dan penggunaan AI, saat ini tugas yang paling utama adalah memperoleh sebanyak mungkin kekuatan komputasi untuk melatih model dasar yang besar.

Agenda selanjutnya adalah optimalisasi dan spesialisasi. Sebelum kekacauan minggu lalu, OpenAI bekerja untuk mengembangkan “agen” AI yang dapat menangani tugas-tugas yang lebih kompleks bagi pengguna.

(bbn)

No more pages