Logo Bloomberg Technoz

"Kebijakan moneter kami berada dalam fase di mana kita perlu memperhatikan berbagai kekuatan yang mempengaruhi inflasi - tetapi selalu berpegang teguh pada mandat stabilitas harga kami."

ECB mempertahankan suku bunga deposito pada 4% bulan lalu, dan para pejabat menekankan bahwa suku bunga tersebut harus tetap setidaknya pada level ini untuk jangka waktu yang lama guna mengendalikan inflasi.

Gubernur bank sentral Prancis Francois Villeroy de Galhau mengatakan pada Selasa bahwa biaya pinjaman kemungkinan akan tetap stabil untuk "beberapa kuartal ke depan."

Investor masih fokus pada kapan penurunan pertama akan terjadi. Gubernur bank sentral Belgia Pierre Wunsch memperingatkan dalam sebuah wawancara bahwa taruhan seperti itu malah dapat menyebabkan ECB menaikkan suku bunga.

Inflasi zona euro telah melambat menjadi 2,9%, tetapu diperkirakan akan meningkat lagi dalam beberapa bulan mendatang karena volatilitas di pasar energi.

Upah juga dianggap sebagai risiko utama yang dapat menjaga inflasi tetap tinggi karena pasar tenaga kerja tetap tahan terhadap kelemahan dalam perekonomian yang lebih luas.

(bbn)

No more pages