Logo Bloomberg Technoz

Drama Pemecatan CEO OpenAI Sam Altman, Microsoft Turun Tangan

News
20 November 2023 13:35

Co-Founder dan Chief Executive Office Officer OpenAI Sam Altman. (dok Akio Kon/Bloomberg)
Co-Founder dan Chief Executive Office Officer OpenAI Sam Altman. (dok Akio Kon/Bloomberg)

Emily Chang, Ashlee Vance, Ed Ludlow dan Dina Bass - Bloomberg News

Bloomberg News - Para investor terbesar OpenAI mendesak perusahaan untuk mempekerjakan kembali Sam Altman sebagai chief executive setelah keputusan mengejutkan dewan direksi yang memecatnya pada jumat kemarin. Hal ini diungkapkan beberapa sumber yang mengetahui hal tersebut.

Sumber tersebut mengatakan Microsoft Corp, pendukung terbesar startup ini dengan nilai saham lebih dari US$10 miliar, bekerja sama dengan investor lain termasuk Thrive Capital dan Tiger Global Management untuk mengembalikan Sam Altman ke OpenAI. Mereka juga mendesak perombakan dewan direksi.

Para direksi dilaporkan telah mempertimbangkan pengunduran diri. Jika dewan direksi mundur, para investor akan meninjau daftar calon direktur baru. Salah satu pesaingnya adalah Bret Taylor, mantan co-CEO Salesforce Inc.

OpenAI milik Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Dewan direksi OpenAI mendapat kritikan keras atas keputusan pemecatan Sam Altman. Selama bertahun-tahun Sam Altman berusaha keras mengubah perusahaan dari nirlaba menjadi bisnis yang sukses secara komersial dan merupakan kekuatan pendorong di balik alat baru yang telah merevolusi cara orang menyelesaikan tugas-tugas mulai dari pekerjaan rumah hingga pengkodean. Pemecatannya tidak diterima dengan baik oleh perusahaan-perusahaan yang mendukung OpenAI.