Logo Bloomberg Technoz

Baru 2 Bulan Listing, Market Cap Saham BREN 'Tantang' Bank BCA

Muhammad Julian Fadli
20 November 2023 12:10

Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)
Barito Renewables Energy. (Dok. Barito Renewables Energy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Selama dua bulan sejak melakukan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) menunjukkan kinerja saham yang mengesankan. Harga sahamnya terus menunjukkan tren penguatan, dengan aktivitas transaksi yang juga ramai.

Tingginya aktivitas transaksi saham BREN sejak listing hingga perdagangan hari ini, Senin (20/11/2023), berhasil membuat kapitalisasi pasarnya (Market Cap) menetap di atas Rp900 triliun.

Pergerakan Saham BREN pada Senin (20/11/2023) (Bloomberg)

Dengan pencapaian tersebut, saham BREN masuk ke dalam jajaran Big Caps, yaitu saham-saham unggulan dengan kapitalisasi pasar terbesar di atas Rp100 triliun. Bahkan saham BREN berhasil menetap di deretan 2 besar. 

Posisi market cap BREN tersebut berhasil mengungguli saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang hanya mampu mencatat market cap sebesar Rp788 triliun di peringkat 3. Juga berhasil melewati PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang hanya tercatat sebesar Rp635 triliun, yang berada di peringkat 4.

Dengan pencapaian yang ciamik tersebut, posisinya kini ‘Menantang’ saham unggulan utama yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang selama listing sampai dengan hari ini mencapai sebesar Rp1.103 triliun.