Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya baca di sini.

2. TikTok Hapus Konten Viral Surat Osama Bin Laden soal 911

TikTok menghapus video di platformnya yang mempromosikan surat Osama bin Laden yang membenarkan serangan 11 September terhadap Amerika Serikat (911). Platform beralasan konten buatan pengguna yang viral tersebut “jelas-jelas melanggar” peraturan TikTok tentang “mendukung segala bentuk terorisme.”

TikTok, yang sudah menghadapi pengawasan dari anggota parlemen AS atas kemungkinan hubungannya dengan pemerintah China, mengatakan bahwa video yang mengutip Eks Pendiri Al-Qaeda bukanlah video unik dan juga muncul di situs media sosial lainnya.

Selanjutnya baca di sini.

3. Vale Resmi Teken HoA Divestasi Saham 14% ke MIND ID di AS

Suasana pabrik PT Vale Indonesia. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan perjanjian kesepakatan awal atau head of agreement (HoA) divestasi saham 14% PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) kepada holding pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) sudah ditandatangani di AS.

Dalam rilis terbarunya, Jumat (17/11/2023) malam disampaikan bahwa Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) resmi menyatakan komitmennya melepas sebagian kepemilikan saham di PT Vale Indonesia Tbk (INCO), dalam bentuk Perjanjian Pendahuluan Divestasi.

Selanjutnya baca di sini.

4. IUPK Freeport 2061, Kendali Tambang Grasberg Pindah ke MIND ID

Presiden Jokowi menerima Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Pemerintah Indonesia ertambangan khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk masa berlaku hingga 2061. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa perpanjangan kontrak tersebut mesti dilakukan demi memaksimalkan cadangan emas, tembaga, serta mineral ikutan lainnya di Papua, yang selama ini dikelola oleh Freeport. Tambang akan dikendalikan oleh holding pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Namun demikian, Arifin memberi catatan bahwa operator yang bakal melanjutkan eksplorasi tambang Grasberg itu mesti yang memiliki pengalaman dan teknologi yang mumpuni. Dengan demikian, meski sebagai pengendali tambang, MIND ID belum tentu menjadi operatornya. 

Selanjutnya baca di sini.

5. Dua Skenario Agar Timnas Garuda Muda Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas U-17 Indonesia melawan Timnas Panama pada Piala Dunia U-17 2023. (Dok PSSI)

Tim Nasional (Timnas) U-17 Indonesia masih berada pada posisi ketiga Grup A usai ditekuk Timnas muda Maroko dengan skor 3-1.  Hal ini membuat Indonesia dan Panama sama-sama mengoleksi 2 poin. Indonesia mendapat keuntungan berada pada posisi yang lebih tinggi karena unggul aggresivitas. Garuda Muda tercatat telah mencetak 3 gol selama pertandingan di Grup A; sedangkan Panama hanya 2 gol.

Peluang Timnas U-17 Indonesia sangat kecil karena total poin yang dikumpulkan hanya 2 poin. Sedangkan sejumlah tim yang juga berada di peringkat ketiga tiap grup rata-rata sudah mengantongi 3 poin dan masih menyisakan satu laga untuk mendulang tambahan poin.

Selanjutnya baca di sini.

6. IUPK Freeport Baru Habis 2041, Kenapa Jokowi Perpanjang Sekarang?

Operasi tambang PT Freeport Indonesia di Papua./dok. PTFI

Pemerintah menjelaskan alasan di balik keinginan untuk mengebut negosiasi divestasi saham serta perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) tahun ini, padahal masa berlakunya baru akan habis 2041. IUPK eksisting Freeport baru diberikan Pemerintah Indonesia pada 2018 untuk periode 2 x 10 tahun hingga 2041, menyusul habisnya masa berlaku kontrak karya (KK) PTFI pada 2021.

Sejalan dengan itu, pemerintah pun mengakuisisi 51,2% saham PTFI dan menjadi pemegang saham mayoritas pemilik tambang legendaris Grasberg, Papua tersebut. Namun, belum 5 tahun IUPK tersebut diberikan, pemerintah seolah tidak sabar untuk kembali memfinalisasi negosiasi perpanjangan IUPK Freeport selepas 2041.

Selanjutnya baca di sini.

7. Utang Migor Tak Dibayar, Peritel Ancam Seret Kemendag ke Polisi

Calon pembeli melihat minyak goreng di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bakal melaporkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) buntut utang rafaksi minyak goreng yang tak kunjung dibayar. Kerugian produsen dan ritel saat program minyak satu harga itu diklaim mencapai Rp344 miliar.

Ketua Aprindo, Roy Mandey mengklaim sampai saat ini sudah ada sedikitnya lima produsen yang mengadu dan berniat untuk melanjutkan ke proses hukum. “Melaporkan ke Bareskrim, Mabes maksudnya. Kita bicarakan dengan kuasa hukum. Aprindo punya kuasa hukum, produsen juga demikian,” kata Roy Mandey dalam jumpa pers.

Selanjutnya baca di sini.

8. Cara Gunakan QRIS di Singapura

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Mulai 17 November 2023, hari ini, Bank Indonesia (BI) memberlakukan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Singapura. Sebelumnya, penggunaan QRIS sudah dapat dilakukan di Malaysia dan Thailand.

Dengan kebijakan tersebut, Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap atau berkunjung ke Singapura bisa bertransaksi langsung menggunakan rupiah melalui QRIS. Lalu, apa definisi QRIS antarnegara dan bagaimana cara menggunakan QR code di luar negeri?

Selanjutnya baca di sini.

9. RI Siapkan Sistem Pelacakan Nikel demi Capai Standar Global

Daftar produsen nikel. (Sumber: Bloomberg)

Indonesia berencana memperkenalkan sistem pelacakan nikel dan mendorong produsen lokal untuk mencapai standar pertambangan global, guna membantu negara mendekatkan diri untuk mencapai kesepakatan mineral kritis dengan Amerika Serikat (AS). Septian Hario Seto, Deputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dalam sebuah wawancara mengatakan setiap ton penjualan nikel akan dilacak menggunakan portal SIMBARA mulai kuartal berikutnya. Produsen terkemuka juga akan didorong untuk mendapatkan sertifikasi dari entitas global seperti The Initiative for Responsible Mining Assurance.

Selanjutnya baca di sini.

10. Sepekan di AS, Jokowi Bawa 5 Oleh-oleh Sektor Energi dan Tambang

Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden AS Joe Biden saat pertemuan di Gedung Putih, AS, Senin (13/11/2023). (Al Drago/Bloomberg)

Sejak pekan lalu, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo bertandang ke Amerika Serikat (AS) dan melakukan banyak pertemuan bilateral, mulai dengan Presiden Joe Biden hingga bos-bos raksasa migas dan pertambangan Negeri Paman Sam. Tur Jokowi dari Washington DC ke San Francisco pekan ini juga merupakan rangkaian kunjungan kerja bilateral RI-1 sejak Jumat (10/11/2023) hingga sepekan setelahnya (17/11/2023).

Deretan kesepakatan bisa dibaca di sini.

(wep)

No more pages