Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Mulai Godok Skema Pengaturan Jalan Tol Libur Nataru

Dovana Hasiana
16 November 2023 20:50

Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)
Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (Persero) bersama Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) tengah menggodok berbagai skema pengaturan jalan tol dalam mengantisipasi lonjakan pengguna pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan, perusahaannya memprediksi akan terjadi mobilisasi cukup tinggi pada Nataru tahun ini. Bahkan, jumlah nyaris setara dengan mobilisasi mudik-balik Idul Fitri 2023.

“Jadi mirip-mirip seperti lebaran. Walaupun secara total pergerakan, tidak sehebat lebaran. Tapi pergerakan Nataru tahun ini akan lebih tinggi dibanding pergerakan Nataru tahun lalu,” ujar Lisye, Kamis (16/11/2023). 

Seperti Idul Fitri, pemerintah dan perusahaan pengelola jalan tol lebih dulu menyepakati rata-rata kecepatan laju pengguna pada saat libur Nataru. Menurut Lisye, kesepakatan laju rata-rata di jalan tol pada Nataru akan setara dengan Lebaran yaitu sekitar 40 km/jam.  

Sebagai penunjang, pengelola dan kepolisian akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Beberapa di antaranya seperti contraflow, one way, serta aturan ganjil genap. Akan tetapi, menurut Lisye, kebijakan ini masih akan dipertimbangkan ulang oleh Korlantas Polri.