Logo Bloomberg Technoz

Isi Kuliah Umum Jokowi di Stanford University AS

Pramesti Regita Cindy
16 November 2023 13:00

Presiden Jokowi menyampaikan kuliah umum di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi menyampaikan kuliah umum di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kuliah umum di kampus Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (15/11/2023). Dia dalam kesempatan itu menyinggung sejumlah poin termasuk soal IKN Nusantara yang dipaparkannya akan sangat ramah lingkungan.

Jokowi mengawali kuliah dengan menyinggung soal perlunya kolaborasi dan langkah strategis menghadapi dampak perubahan iklim yang makin mengancam dunia saat ini. 

“Dalam menghadapi dampak perubahan iklim yang makin mengancam saat ini, kolaborasi sangat penting dan langkah strategis konkret sangat dibutuhkan, tanpa itu tidak mungkin bagi kita untuk menjamin keberlanjutan dan satu-satunya bumi yang kita cintai,” ucap Presiden Jokowi.

Dengan adanya tantangan perubahan iklim kata Jokowi, perlu adaya transisi energi. Presiden kembali mengulang bahwa dunia pada saat ini sedang tidak baik-baik saja sehingga Indonesia ikut berkomitmen untuk mengatasi hal tersebut.

“Untuk Indonesia, tidak perlu ragu dan tidak perlu dipertanyakan komitmen kami. Indonesia walks the talk, not talk the talk,” imbuhnya, dilansir dari laman Setkab, Kamis (16/11/2023).