Logo Bloomberg Technoz

Banyak Pendaftar Ditolak, Subsidi Motor Listrik Jauh dari Target

Dovana Hasiana
14 November 2023 11:45

Calon pembeli mencoba motor listrik yang dijual di dealer Alva, Jakarta, Senin (13/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristoanto)
Calon pembeli mencoba motor listrik yang dijual di dealer Alva, Jakarta, Senin (13/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristoanto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sekretaris Jenderal Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Tenggono Chuandra Phoa mengatakan telah menerima banyak komplain dan aduan terkait dengan layanan sistem Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira).

Sisapira merupakan situs yang disiapkan untuk mendukung penyaluran bantuan subsidi sepeda motor listrik di Indonesia.

Berdasarkan aduan yang diterima asosiasi, Tenggono mengatakan pengajuan subsidi mereka ditolak ketika memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Namun, tidak ada alasan yang jelas dibalik penolakan tersebut.

Hal ini sangat disayangkan, mengingat realisasi serapan subsidi sepeda motor listrik masih jauh dari target sebanyak 200.000 unit. “Banyak komplain setelah mengajukan pembelian di Sisapira dan ditolak, tidak ada penjelasan alasan penolakannya, padahal target masih jauh dari yang akan dicapai,” ujar Tenggono saat dihubungi, Selasa (14/11/2023).

“[Isu] yang komplain dari beberapa yang ditolak, mereka masukin NIK dan ditolak,” lanjutnya.