Logo Bloomberg Technoz

Siasat Baru Pedagang Raup Untung di TikTok

Dovana Hasiana
13 November 2023 16:00

Suasana TikTok Shop live pada salah satu agency di Jakarta. (dok Rosa Panggabean/Bloomberg)
Suasana TikTok Shop live pada salah satu agency di Jakarta. (dok Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Platform media sosial video pendek TikTok masih bisa dipakai pengguna untuk berjualan secara live, meski fitur transaksi atau ‘keranjang kuning’ telah hilang sebagai dampak regulasi baru Kementerian Perdagangan atas revisi tata kelola industri social commerce.

Pengguna yang tetap live sale di TikTok menggunakan dua cara. Pertama mempromosikan barang-barang jualan. Kedua, saat melakukan transaksi, seller merekomendasikan melakukan pembayaran di platform e-commerce termasuk Shopee.

Salah satu host yang sedang live TikTok menjelaskan semua konsumen mereka sarankan untuk melakukan checkout (CO) di Shopee. “Pastinya Shopee kak karena banyak potongan harga,” jelas host, Senin (13/11/2023).

Pelapak penjual t-shirt ini memang live shopping pada waktu bersamaan di dua platform, TikTok dan Shopee. Meski pada keterangan di link bio TikTok, mereka juga hadir pada platform e-commerce lain seperti Tokopedia ataupun Lazada.

Penjual sepatu lokal yang kerap live TikTok, 910Shoesofficial, justru lebih menyarankan konsumen yang tertarik membeli atau PO seri terbaru untuk melakukan pembayaran langsung. Calon pembeli dapat menghubungi admin via aplikasi pesan singkat, WhatsApp.