Logo Bloomberg Technoz

Jubir KPK Konfirmasi Firl Bahuri akan Hadiri Panggilan Dewas

Mis Fransiska Dewi
13 November 2023 08:30

Ketua KPK Firli Bahuri saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK. (Tangkapan Layar Youtube KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK. (Tangkapan Layar Youtube KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri memastikan, Ketua KPK Firli Bahuri akan menghadiri pemeriksaan ulang dirinya oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK. 

Pemanggilan dijadwalkan esok hari, Selasa (14/11/2023). Jadwal ini merupakan hasil pemanggilan ulang lantaran pada panggilan sebelumnya Firli tidak hadir.

"Dalam pemeriksaan nantinya, beliau pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini," ujar Ali dalam keterangan resmi yang diterima Bloomberg Technoz, Senin (13/11/2023).

"Mari kita ikuti proses pemeriksaan di Dewas ini dan menunggu putusannya. Kami yakin profesionalitas dan independensi Dewas dalam memeriksa dan memutus penegakan etik ini sebagaimana amanah undang-undang."

Nama Firli belakangan menyita perhatian publik. Salah satunya, akibat dugaan gratifikasi rumah singgah menjadi babak baru penyidikan Polda Metro Jaya menyangkut Ketua KPK Firli Bahuri. Terungkap, rumah singgah Firli yang mewah di Kertanegara 46, kata polisi, dibayari oleh bos Hotel Alexis Tirta Juwana Darmaji alias Alex Tirta.