Logo Bloomberg Technoz

GIC Setor Rp3,32 T ke Entitas META Milik Anthoni Salim

Mis Fransiska Dewi
13 November 2023 06:00

Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)
Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Skema masuknya sovereign wealth fund (SWF) asal Singapura, GIC Ventures, ke entitas usaha milik Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) semakin terang. GIC akan mengambilalih sejumlah saham anak usaha META, yakni PT Margautama Nusantara, melalui Warrington Investment Pte. Ltd.

Berdasarkan informasi dari perusahaan, dikutip Senin (13/11/2023), pengambialihan ini diawali dengan penerbitan 3.506 saham baru oleh MUN dengan nilai nominal Rp70 juta.

Dari jumlah itu, sebesar 2.673 saham akan diserap oleh Warrington. Sebagai gantinya, Warrington menyetor Rp3,32 triliun. Nilai setoran ini berdasarkan harga pelaksanaan penerbitan saham baru itu di Rp1,24 miliar/saham.

Sementara, Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI) akan menyerap sisa 833 saham. Dengan harga pelaksanaan yang sama, maka setoran kepada Margautama Nusantara sebesar Rp1,03 triliun.

MPTI sendiri adalah pemegang 76,51% saham META. Kendaraan investasi milik Anthoni Salim ini juga sekaligus pemegang saham mayoritas META.