Logo Bloomberg Technoz

KPK Usut Korupsi APD Covid, Kemenkes: Terjadi Sebelum Menkes Budi

Ezra Sihite
10 November 2023 19:15

Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH. (Dok. Kemenkes)
Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH. (Dok. Kemenkes)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan mendukung penyidikan yang sedang dilakukan oleh KPK terkait dugaan korupsi alat pelindung diri (APD) pada masa pandemi Covid-19. Juru bicara (Jubir) Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengatakan, kasus tersebut terjadi sebelum masa Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjabat.

"Kami mendukung upaya penegakan hukum oleh KPK," kata Syahril ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat malam (10/11/2023).

"Dari informasi yang kami dapatkan, kasus yang saat ini sedang disidik oleh KPK terjadi sebelum pak BGS (Budi Gunadi Sadikin) menjabat sebagai Menkes," lanjut dia.

Diketahui bahwa Menkes Budi Gunadi adalah pengganti Menkes Terawan Agus Putranto usai Terawan di-reshuffle oleh Presiden Jokowi.

Syahril menambahkan, selama ini pengadaan alat dan barang di Kemenkes wajib dilakukan dengan menggunakan e-catalogue dalam upaya mencegah penggelembungan harga. Namun detail modus dan kasus itu dari KPK belum diketahui pasti oleh pihaknya.