Logo Bloomberg Technoz

Pertamax dkk Diramal Turun Lagi, Begini Rumus Harga BBM di RI

Sultan Ibnu Affan
09 November 2023 14:00

Ilustrasi Bahan Bakar Minyak (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bahan Bakar Minyak (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Harga minyak dunia ambruk ke level terendah dalam tiga bulan. Namun, penurunan harga minyak dunia tidak bisa serta-merta ditransmisikan secara langsung ke harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi di Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menjelaskan pemerintah mengatur formulasi harga BBM secara rigid melalui evaluasi berkala sebulan sekali.

“Kalau tren penurunan harga minyak dunia terus berlanjut, maka BBM nonsubsidi harganya juga akan dikoreksi ke bawah atau diturunkan. Ini sudah ada formulanya dan harga di-review bulanan,”ujarnya, Kamis (9/11/2023).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan harga BBM yang turun juga tidak serta-merta membantu penguatan rupiah, lantaran perburuan dolar AS di pasar untuk membeli minyak tidak fluktuatif dan tidak panik akibat sentimen. Dengan demikian, turunnya harga minyak tidak selalu menekan biaya impor BBM.

Sekadar catatan, Brent – sebagai acuan global – untuk kontrak Januari naik 0,2% menjadi US$79,72/barel pada pukul 12:00 siang ini, pukul 12:00 WIB, Kamis (9/11/2023). Adapun, WTI untuk pengapalan Desember naik 0,3% menjadi US$75,52/barel.