Logo Bloomberg Technoz

Bukan Uranium, Pembangkit Nuklir RI Bakal Pakai Thorium

Sultan Ibnu Affan
03 November 2023 13:50

Sampel Logam Tanah Jarang (Peter Kollanyi/Bloomberg)
Sampel Logam Tanah Jarang (Peter Kollanyi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Dewan Energi Nasional (DEN) menggungkapkan proyek pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) perdana di Indonesia kemungkinan bakal menggunakan bahan baku radioaktif thorium, bukan uranium.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, meski penggunaan thorium – yang kerap dijuluki sebagai 'nuklir hijau' – untuk PLTN masih belum lazim di dunia, Indonesia sudah mulai menelitinya melalui teknologi dan laboratorium yang dikembangkan oleh PT ThorCon Power Indonesia.

“Itu sudah kerja sama dengan ITB [Institut Teknologi Bandung], nilainya US$10 miliar peralatan laboratoriumnya, dan sekarang dilakukan uji coba terus di ITB. Sekarang sedang dilakukan [uji coba] materialnya. Itu kan karena teknologinya berbasis MSR [molten salt reactor],” ujarnya saat ditemui, Kamis (3/11/2023).

Djoko mengelaborasi teknologi MSR menggunakan komponen garam yang bersifat sangat korosif. Saat ini, laboratorium tersebut tengah menguji material yang sanggup tahan korosi hingga 80 tahun, karena umur PLTN yang dirancang di Indonesia adalah sekitar 8 dekade.

“Nanti sebelum kita implementasikan [PLTN-nya] secara komersial, harus uji coba laboratorium dahulu, kemudian uji coba di lapangan sebelum dikomersialkan. Jadi ada tiga tahap; laboratorium, pilot project, baru komersial. Tidak langsung komersial.”