Logo Bloomberg Technoz

Platform tersebut pun harus dapat memenuhi syarat, yang salah satunya adalah wajib memiliki pengalaman di sektor keuangan tradisional.

Periode konsultasi akan diadakan hingga 31 Maret yang bertujuan untuk memudahkan perdagangan kripto ritel di bawah lisensi baru yang akan dibuka pada 1 Juni 2023.

SFC menyampaikan dalam sebuah pengarahan, Bitcoin dan Ether yang menjadi dua aset digital terbesar berdasarkan nilai pasar, kemungkinan akan didaftarkan oleh Hong Platform Kong.

Lambungan | Kripto berada di masa pemulihan tetapi tetap berada di belakang saham global. Sumber: Bloomberg

Hong Kong sendiri menunjukkan sikapnya yang beralih ke prokripto sejak akhir Oktober 2022. Penyebabnya, pembuat kebijakan setempat sudah berencana untuk memulihkan kredensial mata uang kriptonya dan menjadikan Hong Kong sebagai pusat kripto global.

Otoritas juga tengah aktif mempelajari kegagalan kasus kebangkrutan global seperti runtuhnya bursa FTX tahun lalu. Langkah itu merupakan strategi Hong Kong agar dapat membuat kerangka peraturan untuk kripto yang dapat menggaet perusahaan dan melindungi investor.

SFC tidak menentukan indeks kripto tertentu sebagai titik referensi untuk taksonomi token yang diizinkan. Tanggung jawab tersebut akan diserahkan kepada bursa untuk memantau aset yang terdaftar dan memastikan mereka memenuhi syarat untuk diperdagangkan oleh investor individu.

Otoritas Hong Kong telah mengizinkan perdagangan dana di bursa untuk berinvestasi di CME Group Bitcoin dan Ether futures dan bulan ini menjual obligasi hijau digital perdana.

Hong Kong juga sudah mengizinkan Bitcoin dan Ether untuk diperdagangkan di bursa, obligasi hijau digital juga diterbitkan bulan ini.

Sikap kebijakan prokripto di tempat-tempat seperti Hong Kong, Dubai, dan Eropa kian menarik para eksekutif aset digital dengan maraknya penyelidikan kripto di cloud Amerika Serikat.

Bull Run selanjutnya

Perubahan sikap Hong Kong ini juga dapat membuka peluang investasi ke China daratan jika suatu hari Beijing melonggarkan larangan kriptonya.

Cameron Winklevoss, salah satu pendiri bursa kripto, Gemini, mengunggah cuitan pada Minggu (19/02/2023). Brian Armstrong, CEO Coinbase Global Inc., telah menyinggung Hong Kong sebagai salah satu yurisdiksi yang tengah memimpin dalam aset digital.

Hipotesis saya saat ini adalah bahwa Bull Run berikutnya akan dimulai di Timur. Ini akan menjadi pengingat bahwa kripto adalah kelas aset global dan bahwa AS hanya memiliki dua pilihan: menerimanya atau tertinggal. [Hal] yang jelas, kripto sulit untuk dihentikan. 

Cameron Winklevoss (@cameron) 

Pemilik platform pertukaran kripto Huobi Global, Justin Sun mengatakan pada Twitter pada Senin (20/02/2023), dirinya sedang mengajukan lisensi perdagangan kripto di Hong Kong dan akan meluncurkan tempat perdagangan baru di sana. Platform tersebut akan berfokus pada investor institusional dan individu berpenghasilan tinggi.

Sementara itu, saham terkait dengan kripto dan blockchain China terpantau menguat pada hari Selasa (21/02/2023). Perusahaan aset digital OKG Technology Holdings Ltd. melonjak sebanyak 22% di Hong Kong.

Operator platform Crypto, New Huo Technology Holdings Ltd. naik sebanyak 12%. Di China Daratan, perusahaan spesialis perangkat lunak Shenzhen Forms Syntron Information Co. menambahkan 10% pada satu titik.

Biar begitu, ambisi Hong Kong bukan berarti tidak dihadapkan oleh berbagai kendala. Penurunan dalam industri aset virtual yang menyebabkan ribuan pekerjaan di-PHK menjadi salah satunya. Saat ini, pasar kripto baru sebagian pulih dari kehancuran pada 2022.

Perusahaan kemungkinan masih takut untuk melakukan investasi jika kebijakan Hong Kong terkait  dengan perdagangan mata uang kripto lebih jelas.

Saat ini, Hong Kong membatasi pertukaran kripto untuk klien dengan portofolio minimal 8 juta dolar HK (US$1 juta atau Rp15 miliar). Bursa OSL HashKey Group dan BC Technology Group merupakan satu-satunya perusahaan yang memiliki izin.

--Dengan asistensi dari Abhishek Vishnoi.

(bbn)

No more pages