Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Sebut 85% Pasien Cacar Monyet di Jakarta Biseksual

Fransisco Rosarians Enga Geken
23 October 2023 18:40

Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan mencatat enam dari tujuh pasien positif cacar monyet atau monkeypox di Jakarta adalah penderita HIV dan memiliki orientasi biseksual. Berdasarkan data yang sama, seluruh pasien adalah laki-laki usia produktif dengan range usia 25-39 tahun.

“Untuk kondisinya, semua baik dan stabil. Kita pantau secara ketat dan terus menerus. Saat ini kita juga sedang memonitor pihak-pihak yang melakukan kontak erat dengan pasien,” Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu (23/10/2023).

Menurut dia, Kemenkes mendeteksi pasien Monkeypox memiliki faktor perilaku seks beresiko dengan munculnya sejumlah tanda pada tubuh pasien. Beberapa di antaranya seperti lesi, ruam kemerahan, demam, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan, myalgia, ruam, dan sulit menelan.

"Penularan terjadi dari manusia ke manusia karena kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi kulit orang yang terinfeksi," ujar Maxi.

Berdasarkan sebaran kasus, menurut dia, Kemenkes menemukan satu kasus positif di Jatinegara; satu kasus di Mampang; satu kasus di Kebayoran Lama; satu kasus di Grogol Petamburan; satu kasus di Kembangan; dan dua kasus di Setiabudi.