Logo Bloomberg Technoz

Beda Gejala Cacar Air, Cacar Monyet dan Campak

Septiana Ledysia
23 October 2023 12:10

Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi cacar monyet (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kasus cacar air dan cacar monyet (Mpox) sedang meningkat di Jakarta. Berikut perbedaan antara kedua penyakit tersebut.

Menurut spesialis Dermato Venereologi dan Estetika, RSPI Sulianti Saroso, Dr. Ni Luh Putu Pitawati, membagikan cara membedakan gejala dan cacar air, cacar monyet dan Campak.

Pada cacar air, pasien akan mengalami demam hingga 39 derajat celsius dengan ruam setelah 0-2 hari. Sedangkan Cacar monyet mengalami demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius diikuti dengan muncul ruam di beberapa daerah tubuh setelah satu sampai tiga hari.

Kalau campak akan mengalami demam tinggi hingga 40,5 derajat celsius dengan ruam setelah 2-4 hari.

Stadium perubahan lesi. (Sumber:YouTube Sulianto Saroso Hospital)

“Kalau Mpox (cacar monyet) perkembangan ruamnya terdiri dari makula, papula, vesikel, pustula/pseudopustul, krusta. Jenis ruam sama pada setiap fase di semua area tubuh. Kalau cacar air penampakan ruamnya makula, papula, vesikel. ada di berbagai fase. Sedangkan Campak ruam non vesikel pada berbagai fase,” kata Ni Luh dalam acara webinar ‘Kesiapsiagaan Penanganan Kasus MonkeyPox’ yang diadakan Pusat Infeksi Nasional - RSPI Sulianti Saroso - Kementerian Kesehatan RI, Minggu (22/10/2023).