Logo Bloomberg Technoz

Porsi Mobil Listrik Baru 1% dari Total Penjualan Kendaraan RI

Sultan Ibnu Affan
19 October 2023 11:35

Ilustrasi mobil listrik (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi mobil listrik (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sebuah riset menemukan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan euforia pengembangan ekosistem kendaraan lsitrik atau electric vehicle (EV) tertinggi. Ironisnya, penjualan mobil listrik hanya menyumbang 1% dari total permintaan mobil di negara ini.

Berdasarkan laporan ABeam Consulting, sebuah perusahaan konsultan global di bidang sistem teknologi dan informasi, penjualan mobil di Indonesia menembus lebih dari 1 juta unit pada 2022.

Capaian itu sekaligus menjadikan RI sebagai pasar dengan  penjualan mobil terbesar ke-14 di dunia. Akan tetapi, penjualan mobil listrik di Indonesia masih sangat jauh jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan global.

Penjualan mobil listrik di Indonesia memang tercatat terus bertumbuh jika dilihat dari data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Berdasarkan data tersebut, sepanjang Januari—September 2023, mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) terjual sebanyak 10.194 unit. Angka ini naik pesat jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya, yang hanya 3.789 unit.