Logo Bloomberg Technoz

Pengayaan Uranium Iran Sentuh 84%, Sedikit Lagi Bisa Jadi Senjata

20 February 2023 05:43

Ilustrasi Bendera Iran (Sumber: Ali Mohammadi/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Iran (Sumber: Ali Mohammadi/Bloomberg)

Jonathan Tirone - Bloomberg News

Bloomberg  - Pemantau tenaga atom internasional yang bertugas di Iran mendeteksi pengayaan uranium di negara tersebut hanya sedikit di bawah level yang dibutuhkan untuk menjadi senjata nuklir, demikian diungkapkan dua orang pejabat senior. Hal tersebut menekankan bahwa jika tidak dikontrol, maka aktivitas tenaga atom di Iran bisa memicu pertikaian baru.

Sebagaimana diwartakan Bloomberg News, Senin (20/2/2023), Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) tengah mencoba melakukan klarifikasi soal bagaimana bisa Iran mengakumulasi pengayaan uranium hingga ke tingkat kemurnian 84%. Ini adalah level tertinggi di negara tersebut dan hanya 6% di bawah tingkat yang dibutuhkan untuk membuat senjata.

Iran sebelumnya telah menyampaikan kepada IAEA bahwa fasilitas mereka dipasang untuk pengayaan uranium hingga ke tingkat kemurnian 60%.

Pengawas harus memutuskan apakah Iran melakukan itu dengan sengaja, atau konsentrasi itu terbentuk secara tidak sengaja. Ini menjadi kali kedua pengawas mendeteksi aktvitas pengayaan uranium yang mencurigakan.