Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan Kredit Bank September Diperkirakan Lebih Tinggi

News
17 October 2023 11:45

Gedung Bank Mandiri (Dok. Bank Mandiri)
Gedung Bank Mandiri (Dok. Bank Mandiri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada September lalu diprediksi melanjutkan kenaikan, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya, menurut hasil survei terbaru yang dirilis Bank Indonesia hari ini (17/10/2023).

Survei Permintaan dan Penawaran Perbankan edisi September mengungkapkan, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada September tercatat naik cukup banyak ke 92,6%, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya sebesar 86,2%.

"Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain. Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan III 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya," jelas Bank Indonesia seperti dikutip di laman resmi bank sentral.

Sementara itu, pembiayaan korporasi pada September juga memperlihatkan indikasi meningkat dibanding bulan sebelumnya. Itu tecermin dari SBT pembiayaan korporasi yang mencapai 16,1%, naik dibandingkan SBT 14,7% pada Agustus 2023.

Sumber pembiayaan korporasi masih didominasi oleh dana sendiri (laba ditahan), diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri dan pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik.