Logo Bloomberg Technoz

Investor Kakap Termasuk Blackrock Borong Saham GOTO Ketika Jatuh

Donald Banjarnahor
16 October 2023 11:28

Fund Manager terbesar di dunia, BlackRock Inc. (Bloomberg)
Fund Manager terbesar di dunia, BlackRock Inc. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penurunan tajam harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) hingga menyentuh all-time low justru membuat fund manager global seperti BlackRock menambah kepemilikannya. 

BlackRock sebagai pengelola dana dengan salah satu jumlah aset kelolaan terbesar di dunia terpantau memborong saham GOTO sebanyak 1,07 miliar pada akhir pekan. 

Setelah transaksi tersebut, kepemilikan BlackRock di GOTO tercatat sebanyak 22,36 miliar atau setara dengan 1,94%. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan dengan 155,69 juta pada akhir 2022. BlackRock mulai masuk ke GOTO dengan jumlah besar saat terjadi rebalancing indeks MSCI. 

Selain BlackRock, State Street Corp juga tercatat mengakumulasi 762,87 juta saham GOTO pada pekan lalu. State Street yang merupakan perusahaan jasa keuangan dan bank asal Amerika, tercatat memiliki 1,99 miliar saham GOTO saat ini. Investor kakap lain yang mengakumulasi saham GOTO adalah UBS AG yang tercatat mengakumuluasi 133,09 juta saham pada pekan lalu. Saat ini UBS menggenggam 1,02 juta sama GOTO.

Michael Filbery analis Sinarmas Sekuritas menilai aksi beli saham GOTO oleh BlackRock merupakan bentuk dari average down. "Harga sudah turun jauh, valuasi sudah relatif murah, sehingga wajar jika ada fund besar yang memanfaatkan bottom fishing".