Logo Bloomberg Technoz

Kemlu Sebut Malaysia Kirim Surat ke RI soal Kabut Asap

Pramesti Regita Cindy
06 October 2023 15:10

Suasana wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Rabu (7/6/2023). (Dok. BNPB)
Suasana wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, Rabu (7/6/2023). (Dok. BNPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melalui juru bicara Lalu Muhammad Iqbal membenarkan adanya surat yang dikirimkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Malaysia kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar. Kemlu mengatakan, Malaysia bersedia membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia agar asapnya tidak berdampak ke negara itu.

"Benar, pemerintah Malaysia sudah berkirim surat kepada Menteri Lingkungan Hidup Indonesia," kata Iqbal dalam keterangan tertulis pada Jumat siang (6/10/2023). 

Adapun isi pesan tersebut mengenai kondisi kualitas udara di Malaysia beserta kesiapan Malaysia untuk membantu mengatasi permasalahan kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.

"Inti surat tersebut menyampaikan kondisi kualitas udara terakhir di Malaysia dan kesiapan Malaysia untuk bekerjasama tangani kebakaran hutan yang terjadi, jika pemerintah Indonesia memerlukan," sambungnya. 

Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Malaysia melaporkan adanya kabut asap lintas perbatasan yang diklaim berasal dari kebakaran hutan di Sumatera bagian Selatan dan Kalimantan. Namun Menteri LHK Siti Nurbaya sudah membantah pernyataan pemerintah Malaysia bahwa asap itu berasal dari Indonesia.