Logo Bloomberg Technoz

Gaduh UU Ciptaker, ILO Disebut akan Datangkan Tim Pencari Fakta

Pramesti Regita Cindy
06 October 2023 13:00

Demo menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Demo menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Buruh Dunia yakni ILO disebut akan menyambangi Indonesia buntut dari kegaduhan dan demonstrasi demi demonstrasi tentang Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker) yang terjadi beberapa bulan terakhir. 

"Dan dalam waktu dekat, ILO akan mengirim Direct Contact Mission yang dipimpin langsung oleh Dirjen Gilbert F. Houngbo dari Togo Afrika untuk memeriksa apakah Omnibus Law ini bertentangan dengan melanggar Konvensi ILO Nomor 98 tentang Hak Berorganisasi dan Melakukan Perundingan Bersama karena memang tidak ada hak berunding," ujar Ketua Umum Partai Buruh Indonesia (PBI) Said Iqbal dalam keterangan tertulis yang pada Jumat (6/10/2023). 

Lebih lanjut, Said menyebut buruh juga mendapatkan dukungan dari pihak di negara-negara lain dalam melawan aturan yang dianggap merugikan pekerja.

"Serta meminta Konfederasi Serikat Buruh Internasional ITUC (International Trade Union Confederation) untuk membantu kami agar ILO, selain mengirimkan Direct Contact Mission juga memberikan instruksi perlawanan, apakah dengan melakukan aksi-aksi di KBRI," ujar dia lagi. 

"Partai Buruh bersama seluruh serikat buruh di Indonesia akan terus berjuang untuk mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dan ingat bahwa hari-hari ke depan, perjuangan dan perlawanan akan menjadi semakin besar," sambungnya.