Logo Bloomberg Technoz

Topan Koinu Tewaskan 1 Orang di Taiwan, Hong Kong Waspada

News
06 October 2023 14:50

Ilustrasi topan di Hong Kong (Bloomberg)
Ilustrasi topan di Hong Kong (Bloomberg)

Richard Frost - Bloomberg News

Bloomberg, Hong Kong akan meningkatkan peringatan badai saat Topan Koinu yang semakin mendekat. Topan tersebut berpotensi membawa hujan lebat dan angin kencang ke wilayah tersebut.

Observatorium kota akan mengeluarkan peringatan badai nomor 3 yang merupakan peringkat kedua terendah pada pukul 17:40 pada hari Jumat. Apakah peringatan nomor 8 akan dinaikkan, yang secara efektif menghentikan aktivitas seluruh kota termasuk bursa saham, tergantung pada intensitas dan jarak topan dari Hong Kong.

Menurut keterangan observatorium, Koinu diperkirakan akan melewati sebelah selatan Hong Kong pada Minggu malam atau Senin pagi, sebagai badai tropis hebat dengan kecepatan angin mencapai 105 km/jam. Topan ini sebelumnya melintas di ujung selatan Taiwan, menurut data resmi, menewaskan satu orang dan melukai lebih dari 300 orang.

Analis Bloomberg Intelligence, Steven Lam, dalam catatan pada hari Rabu mengatakan klaim asuransi di Hong Kong akibat bencana alam bisa mencapai rekor dan melebihi US$500 juta atau setara Rp7,8 triliun tahun ini jika Koinu membawa hujan lebat dan menyebabkan kerugian banjir.